Beautiful Muharram: Tingkatkan Keimanan di Tahun Baru Islam

 

Kata kunci: Iman, Islam, Muharram

    Bulan Muharram merupakan salah satu dari Asyhurul Hurum (bulan-bulan yang dimuliakan) oleh Allah SWT. Asyhurul Hurum sendiri jumlahnya ada empat, yaitu: Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab. Oleh karenanya, di bulan-bulan ini ada sejumlah keistimewaan atau keutamaan tersendiri bagi umat Islam khususnya.

    Bulan Muharram adalah bulan pertama dalam kalender hijriyah. Orang-orang Arab baik sebelum masa Rasulullah maupun pada masa beliau tidak memiliki angka tahun. Mereka biasa menamakan tahun dengan peristiwa besar yang terjadi pada tahun tersebut. Misalnya ada tahun yang disebut tahun gajah (amul fil) karena di tahun tersebut terjadi peristiwa pasukan gajah di bawah pimpinan Abrahah yang akan menghancurkan Ka’bah. Ada tahun yang disebut sebagai tahun fijar (amul fijar) karena saat itu terjadi perang fijar. Ada tahun yang disebut tahun nubuwah karena di tahun itu Rasulullah menerima wahyu. 

Peristiwa-Peristiwa Penting Pada Bulan Muharram

    Dikutip dari Kitab I'anah at-Thalibin, II/267. Kitab tersebut merangkum beberapa peristiwa bersejarah yang terjadi di bulan Muharram, diantaranya:

1. Diterimanya taubat Nabi Adam a.s. setelah diturunkan dari surga.

2. Diangkatnya Nabi Idris a.s. ke tempat yang tinggi.

3. Diturunkannya Nabi Nuh a.s. dari kapal, setelah banjir bandang.

4. Diselamatkannya Nabi Ibrahim a.s. dari bakaran apinya Raja Namrud.

5. Diturunkannya kitab Taurat pada Nabi Musa a.s.

6. Dikeluarkannya Nabi Yusuf a.s. dari penjara.

7. Disembuhkannya kebutaan Nabi Ya'qub a.s. dari wasilah pakaiannya Nabi Yusuf a.s.

8. Disembuhkannya Nabi Ayyub a.s. dari sakit kulit yang berkepanjangan.

9. Dikeluarkannya Nabi Yunus a.s. dari perut ikan Nun.

10. Disibakkannya lautan bagi Bani Israil yang melarikan diri dari kejaran raja Fir'aun Mesir yang kejam.

11. Diampuninya Nabi Dawud a.s. dari kesalahannya.

12. Diberinya Nabi Sulaiman a.s. kekuasaan berupa kerajaan.

13. Diangkatnya Nabi Isa a.s ke langit setelah dikepung bangsa Romawi.

14. Diampuninya kesalahan yang telah lewat dan yang akan datang dari Nabi Muhammad SAW.

Amalan-Amalan Yang Bisa Dilakukan Untuk Menambah Keimanan Di Bulan Muharram

    Muharram merupakan bulan pertama dalam penanggalan kalender hijriyah dan termasuk salah satu bulan mulia. Bahkan Muharram juga dijuluki dengan Syahrullah yang bermakna bulan Allah. Muharram dikatakan sebagai bulan yang mulia karena di dalamnya terdapat amalan sunnah yang sangat dianjurkan. 
Lantas, apa saja amalan di Bulan Muharram itu? Simak berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Bersedekah
    Dalam menyambut bulan Muharram diperintahkan agar memperbanyak pengeluaran dari belanja kita sehari-hari untuk bersedekah, membantu anak-anak yatim, membantu keluarga,  kaum kerabat, orang-orang miskin dan mereka yang membutuhkan. Semua itu hendaknya dilakukan dengan tidak memberatkan diri sendiri dan disertai keikhlasan semata-mata mengharap keridhaan Allah. Mengenai hal ini Rasulullah bersabda:

مَنْ وَسَّعَ عَلى عِيَالِهِ وَ أَهْلِهِ يَوْمَ عَاشُوْرَاءَ وَسَّعَ اللهُ عَلَيْهِ سَائِرَ سَنَتِهِ

Artinya, “Siapa yang meluaskan pemberian untuk keluarganya atau ahlinya, Allah akan meluaskan rizki bagi orang itu dalam seluruh tahunnya.” (HR Baihaqi, No: 3795)

2. Puasa Tasua

    Puasa tasu’a adalah puasa pada tanggal 9 Muharram. Rasulullah berazam untuk mengerjakannya, meskipun beliau tidak sempat menunaikan karena wafat sebelum waktu itu tiba. Lalu para sahabatnya menjalankan puasa Tasu’a seperti keinginan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

 

فَإِذَا كَانَ الْعَامُ الْمُقْبِلُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ صُمْنَا الْيَوْمَ التَّاسِعَ

Artinya,“Apabila tahun depan (kita masih diberi umur panjang), insya Allah kita akan berpuasa pada hari tasu’a (kesembilan).” (HR. Muslim)

3. Puasa Asyura

    Puasa asyura adalah puasa pada tanggal 10 Muharram. Ini adalah amal yang paling utama dan puasa sunnah terbaik di bulan Muharram yang keutamaannya bisa menghapus dosa satu tahun yang lalu.

سُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَاشُورَاءَ فَقَالَ يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ

Artinya, Rasulullah ditanya mengenai puasa asyura, beliau menjawab, “ia bisa menghapus dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim)

4. Memperbanyak Amal Shalih

    Bulan Muharram merupakan salah satu bulan haram. Secara umum, amal shalih di dalamnya akan mendapatkan pahala yang lebih banyak daripada bulan-bulan lainnya selain Ramadan. Pun berbuat dosa dan kejahatan di dalamnya, dosanya lebih berat daripada kejahatan pada bulan lainnya.

إِنَّ عِدَّةَ ٱلشُّهُورِ عِندَ ٱللَّهِ ٱثْنَا عَشَرَ شَهْرًۭا فِى كِتَـٰبِ ٱللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ ٱلسَّمَـٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ مِنْهَآ أَرْبَعَةٌ حُرُمٌۭ ۚ ذَٰلِكَ ٱلدِّينُ ٱلْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا۟ فِيهِنَّ أَنفُسَكُمْ ۚ وَقَـٰتِلُوا۟ ٱلْمُشْرِكِينَ كَآفَّةًۭ كَمَا يُقَـٰتِلُونَكُمْ كَآفَّةًۭ ۚ وَٱعْلَمُوٓا۟ أَنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلْمُتَّقِينَ(٣٦ ) 

Artinya, "Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di     waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu." (QS. At- Taubah: 36)

    Ketika menafsirkan ayat ini, Ibnu Katsir rahimahullah mengutip penafsiran Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu.  “Amal shalih di bulan haram pahalanya lebih besar, dan kezaliman di bulan ini dosanya juga lebih besar dibanding di bulan-bulan lainnya, kendati kezaliman di setiap keadaan tetap besar dosanya.”

    Bulan Muharram bukan sekadar bulan pertama dalam kalendar Islam, tetapi juga memegang makna yang mendalam dalam kehidupan umat Muslim. Selain sebagai awal tahun Hijriyah, Muharram juga mengandungi momen yang penting seperti Hari Asyura. Amalan-amalan ibadah seperti puasa dan memperbanyakkan amal kebajikan menjadi sunnah yang dianjurkan. Dengan menghayati dan mengamalkan nilai-nilai kesederhanaan, keikhlasan, dan solidariti yang dituntut oleh bulan Muharram, umat Islam dapat mengambil inspirasi dan petunjuk untuk meningkatkan keimanan serta hubungan mereka dengan Allah dan sesama manusia***

Referensi:

Basnaz.co.id. (2003, Juli 18). Bulan-Muharram-Dan-Keutamaannya.

Jombang.nu.or.id. (2023, Juli 27). 7 Peristiwa bersejarah pada bulan Muharram.

lampung.nu.or.id. (2023, Juli 16). Bulan Muliah-inilah keutamaan bulan muharram.

Melintas.id. (2024, Juli 7). mengawali tahun baru islam-12 amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW di bulan Muharram untuk kehidupan lebih baik.

nu.or.id. (2022, Agustus 05). peristiwa-penting-di-bulan-muharram.

Penulis: Dwi Intan.W, Fauziah.R

Beautiful Muharram: Tingkatkan Keimanan di Tahun Baru Islam Beautiful Muharram: Tingkatkan Keimanan di Tahun Baru Islam Reviewed by AKMI UNTIRTA on Juli 15, 2024 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Photo on Flickr

Diberdayakan oleh Blogger.