LEMBARAN BARU SEMANGAT BARU



Halo Sobat AKMI.. tak terasa sudah memasuki Tahun Ajaran baru di dunia kampus tercinta kita ini. Untuk kamu mahasiswa baru ini adalah lembaran baru dalam kehidupanmu di dunia perkuliahan inu. Karena ini adalah lembaran baru, maka kamu harus membuka lembaran ini dengan semangat yang baru untuk menyambut hal yang akan kita hadapi nanti.

Selain semangat yang baru, kira-kira apa ya yang harus mahasiswa baru persiapkan untuk menyambut perkuliahan kali ini?

1. Mempelajari tentang jurusan dan kampus 

Untuk kamu mahasiswa baru, saat memasuki dunia kampus haruslah mencari tahu tentang hal-hal penting yang ada di jurusan dan kampusmu. Seperti nama nama dosen, cara mengurus KRS, jadwal kuliah dan lain sebagainya. Jika merasa kesulitan, jangan ragu untuk menanyakan hal ini kepana kaka tingkatmu. Dengan informasi yang kita dapatkan, akan mempermudah kita untuk beradaptasi dengan dunia kampus.

2. Persiapan Mental

Dunia perkuliahan dengan dunia Sekolah Menengah sangatlah berbeda. Ketika kita masih sekolah, kita terbiasa diberikan materi oleh guru kita bahkan hingga info seputar sekolah. Namun ketika di perkuliahan, kita yang harus aktif dan mandiri mencari informasi.

3. Belajar manajemen waktu

Berusahalah untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Jangan sampai waktumu terhabiskan untuk hal yang kurang bermanfaat. Belajarlah untuk membagi waktu dan seimbang dalam hal akademik maupun hal diluar akademik.

4. Alat tulis 

Untuk alat tulis ini sangat penting dalam dunia pendidikan, jadi jangan sampai terlupakan ya teman teman.

5. Mempunyai alat elektronik yang mendukung

Alat elektronik disini bisa berupa ponsel ataupun laptop. Jika mahasiswa tidak mempunyai alat elektronik ini, maka mahasiswa akan kesulitan untuk mengakses informasi dan mengerjakan tugas dengan cepat. Terlebih jika belajarnya secara online. 

6. Ketahui Passion-mu dan ikuti berbagai kegiatan non akademik di Kampus.

Mahasiswa berbeda dengan muris sekolah menengah ataupun sekolah dasar yang lebih banyak belajarnya. Mahasiswa itu sebaiknya aktif di dunia kampus melalui berbagai wadah dan organisasi, salah satunya dengan ikut Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) atau kepanitiaan yang diselenggarakan oleh pihak kampus.

Mengapa demikian? Karena dengan kita bergabung dengan organisasi, UKM atau kepanitiaan akan menambah pengalaman dan relasi yang luas. Kita juga bisa belajar berbagai hal dalam hal tersebut, yang awalnya tidak bisa menjadi bisa dan yang awalnya tidak terbiasa menjadi terbiasa. 

Nah tadi adalah beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk Mahasiswa Baru agar tidak kaget ataupun takut untuk menghadapi perkuliahan ini. Jangan lupa dipersiapkan ya dan semangat menjalankan kehidupannya sebagai mahasiswa

Sumber :

https://campuspedia.id/news/sebelum-masuk-kuliah-6-hal-ini-perlu-dipersiapkan-calon-mahasiswa-baru-2020/#google_vignette

https://tugumalang.id/7-hal-ini-wajib-disiapkan-saat-jadi-mahasiswa-baru/






LEMBARAN BARU SEMANGAT BARU LEMBARAN BARU SEMANGAT BARU Reviewed by AKMI UNTIRTA on Agustus 29, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Photo on Flickr

Diberdayakan oleh Blogger.