Ada Apa Dengan Bulan Dzulhijjah?

 


Tahukah kamu?

Bulan Dzulhijjah adalah bulan terakhir dalam urutan bulan hijriyah. Selain itu, bulan Dzulhijjah termasuk kedalam bulan yang diharamkan sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam:   

الزَّمَانُ قَدِ اسْتَدَارَ كَهَيْئَتِهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ ، السَّنَةُ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا ، مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ، ثَلاَثَةٌ مُتَوَالِيَاتٌ ذُو الْقَعْدَةِ وَذُو الْحِجَّةِ وَالْمُحَرَّمُ ، وَرَجَبُ مُضَرَ الَّذِى بَيْنَ جُمَادَى وَشَعْبَانَ

“Zaman berputar seperti hari Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun itu terdiri dari 12 bulan, di antaranya 4 bulan Haram, tiga bulan berurutan, Dzulqaidah, Dzulhijjah, dan Muharram. Adapun Rajab yang juga merupakan bulannya kaum Mudhr, berada di antara Jumadil Akhir dan Sya’ban,” (H.R. Bukhari Muslim).

Disebut sebagai bulan haram dengan memiliki 2 makna yaitu, pertama pada bulan-bulan tersebut diharamkan segala bentuk pembunuhan dan penyiksaan terhadap diri sendiri yang artinya melakukan perbuatan zalim karena dosanya sangat besar.  

Kedua, pada bulan-bulan tersebut segala bentuk amalan akan dilipatgandakan pahalanya, begitu pun dengan perbuatan haram yang akan memiliki dosa lebih besar. Sebagaimana firman Allah dalam surah at taubah ayat 36 yang artinya :

“Sesungguhnya jumlah bulan yang ditetapkan oleh Allah adalah dua belas, dalam catatan Allah sejak Dia menciptakan langit dan bumi, yang empat di antaranya adalah bulan suci. Itu adalah jalan yang benar. Maka janganlah saling menganiaya selama bulan-bulan tersebut dan bersama-sama memerangi musyrik sebagaimana mereka memerangimu bersama-sama. Ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang bertakwa (kepada-Nya).”

Dalam bulan Dzulhijjah ini, ada beberapa peristiwa yang luar biasa terjadi. Apa saja itu? 

1. Diampuninya dosa buah khuldi Nabi Adam a.s dan Siti Hawa.


Setelah terpisah satu sama lain, Nabi Adam dan Siti Hawa dipertemukan kembali oleh Allah setelah meminta ampun tiap hari tanpa henti, di padang Arafah. Pertemuan ini terjadi pada tanggal 1 Dzulhijjah.

2. Nabi Yunus diselamatkan dari terkaman paus.


Saat itu, Nabi Yunus sedang ada dalam perjalanan dengan kapal laut karena meninggalkan umatnya yang tidak kunjung beriman pada Allah. Karena suatu kondisi, satu penumpang kapal mau tak mau harus dikeluarkan dari kapal dan orang tersebut adalah Nabi Yunus. Meski terjatuh ke laut dan dimakan ikan paus, Nabi Yunus masih dapat bertahan dan diselamatkan oleh Allah dan kembali ke daratan. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 2 Dzulhijjah.

3. Lahirnya Anak Pertama Nabi Zakaria di usianya yang ke-120


Nabi Zakaria, yang pada tahun itu sudah tua berusia lebih dari 100 tahun akhirnya menyambut kelahiran anak pertamanya. Allah mengabulkan doa Nabi Zakaria yang terus menerus Nabi Zakaria panjatkan pada tanggal 3 Dzulhijjah.

4. Pembangunan Ka’bah

Peristiwa luar biasa selanjutnya ialah dibangunnya Ka’bah, oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 8 Dzulhijjah.

5. Penyembelihan Nabi Ismail

Tepatnya pada tanggal 9 Dzulhijjah, Nabi Ibrahim merasa yakin bahwa perintah menyembelih anaknya yang datang melalui mimpi benar-benar berasal dari Allah. Nabi Ibrahim akhirnya melaksanakan wahyu tersebut setelah memimpikannya sebanyak 3x. Setelah membicarakan wahyu tersebut dengan Nabi Ismail, satu-satunya putra Nabi Ibrahim saat itu, mereka berdua pergi ke daerah Mina. Namun, karena keikhlasan keduanya, Allah mengganti Nabi Ismail dengan domba dan inilah asal mulanya ibadah qurban ada. 

MasyaAllah... Sangat luar biasa sekali bukan teman teman?


Selain ada beberapa peristiwa yang terjadi, adapula beberapa anjuran kepada umat muslim untuk melaksanakan amalan di bulan Dzulhijjah Apa saja itu?

1. Puasa Arafah
Adalah puasa sunnah yang dijalankan pada tanggal 09 Dzulhijjah tahun Hijriyah. Puasa Arafah dianjurkan bagi umat muslim yang tidak sedang melaksanakan ibadah haji di Makkah. Cara melaksanakan puasa arafah sama seperti puasa sunnah lainnya.

2. Takbir dan Dzikir
Perbanyak dzikir termasuk bertahlil, bertasbih, beristigfar, bertahmid, bertakbir dan memperbanyak doa merupakan suatu amalan yang dianjurkan pada bulan ini, tidak hanya dijalankan pada bulan Dzulhijjah saja tetapi juga dibiasakan pada keseharian hidup kita. Ibnu ‘Abbas berkata, “Berdzikirlah kalian pada Allah di hari-hari yang ditentukan yaitu 10  hari pertama Dzulhijah dan juga pada hari-hari tasyriq.”

3. Menunaikan Ibadah haji dan umroh
Ibadah haji merupakan salah satu ibadah dari rukun Islam yang kelima, dan wajib dikerjakan oleh setiap muslim bagi yang mampu mengerjakan baik secara finansial maupun fisik.


4. Berqurban
Allah SWT berfirman dalam surah al-kautsar ayat 2 yang berbunyi


فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَٱنْحَرْ

“Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berkorbanlah.”

Dalam Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram), maksud dari ayat tersebut adalah “Maka tunaikan rasa syukur kepada Allah atas nikmat ini dengan melaksanakan salat dan menyembelih (qurban) untuk Allah semata, berbeda dengan ibadah yang dilakukan oleh orang-orang musyrik berupa pendekatan diri dengan menyembelih untuk patung-patung mereka.”

5. Bertaubat (Tidak bermaksiat)
Perintah bertaubat dan tidak melakukan maksiat sudah menjadi kewajiban kita sebagai umat Islam untuk melaksanakan perintah tersebut, namun hal serupa ditekankan bagi umat Islam bertaubat dari berbagai dosa dan maksiat di awal bulan Dzulhijjah. Artinya kita menyibukkan diri di awal bulan Dzulhijjah dengan amal-amal shaleh serta meninggalkan kezholiman terhadap sesama.
Mengapa demikian? Karena keistimewaan di 10 malam hari pertama bulan Dzulhijjah sangatlah besar. Amalan shaleh yang dikerjakan oleh kita diistimewakan dan dicintai oleh Allah serta dilipatgandakan pahalanya yang mana hal ini merupakan nikmat dan karunia dari Allah kepada hambaNya. Maka kita wajib mensyukurinya dengan sungguh-sungguh meningkatkan ketaatan kita kepada Allah.


Bagaimana SOBAT AKMI dengan penjelasan yang sudah dipaparkann sebelumnya? Sudah pahamkan? Dan sekarang kita sudah sama sama mengetahui tentang hal yang terjadi dan keistimewaan bulan Dzulhijjah. Mari kita hidupkan bulan Dzulhijjah ini dengan meningkatkan ketaqwaan kita terhadap Allah SWT. Jangan sampai di bulan Dzulhijjah ini kita menghabiskan waktu kita dengan hal yang kurang bermanfaat.



Ada Apa Dengan Bulan Dzulhijjah?  Ada Apa Dengan Bulan Dzulhijjah? Reviewed by AKMI UNTIRTA on Juni 25, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Photo on Flickr

Diberdayakan oleh Blogger.