Cara Rasulullah Menyelesaikan Wabah

Sebelum pandemi Covid-19 muncul, seribu empat ratus tahun yang lalu Islam telah menemukan cara untuk menangani sebuah pandemi melalui sabda Rasul. Tentunya masih relevan dan efektif untuk menanggulangi pandemi yang saat ini sedang melanda dunia.

1. Melakukan isolasi mandiri

Rasulullah ï·º bersabda, "Tak seorangpun, ketika tha'un mewabah, yang menahan diri di rumahnya dengan penuh sabar dan berharap pahala sambil menyadari bahwa apapun yang menimpanya itu berasal dari Allah kecuali baginya seperti pahala orang syahid." (HR. Ahmad No. 26017)

2. Hindari bepergian

"Jika kalian telah mendengar terjadi wabah thaa'uun di suatu negeri, maka janganlah kalian mendatangi negeri itu. Dan jika wabah itu terjadi di suatu negeri sedangkan kalian berada di negeri itu, maka janganlah kalian keluar dari negeri itu untuk lari dari wabah itu." (HR. Bukhari No. 5739)

3. Taati protokol kesehatan

Mentaati protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak dan tidak berkerumun.

"Janganlah yang sakot dicampurbaurkan dengan yang sehat." (HR. Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah)

4. Tidak boleh takut secara berlebihan (paranoid)

Beberapa dalil Al-Qur'an maupun hadits dapat menjelaskan pentingnya bersikap wajar ketika menghadapi sesuatu. Termasuk saat menghadapi virus seperti hari ini.

"Tidaklah menimpa suatu musibah, melainkan dengan izin Allah." (QS. At-Taghabun: 11)

5. Meyakini setiap penyakit ada obatnya

"Setiap penyakit ada obatnya. Apabila ditemukan obat yang tepat untuk suatu penyakit, akan sembuhlah penyakit itu dengan izin Allah 'azza wajalla" (HR. Muslim No. 4084)

6. Mengkonsumsi makanan seperti sunnah Nabi

"Hal orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar kepada-Nya kamu menyembah." (QS. Al-Baqarah: 172).

Makanan yang biasa dikonsumsi Nabi juga sangat baik untuk kesehatan. Contohnya kurma, air putih, daging, ikan, madu, susu, zaitun, habbatusauda, melon dan anggur

7. Perbanyak berdo'a

Selalu memohon perlindungan pada Allah agar selalu diberi kesehatan dan dijauhi dari segala penyakit.

"Ya Allah, Aku berlindung kepada Engkau dari penyakit lepra, gila, kusta, dan penyakit-penyakit yang buruk." (HR. Abu Dawud No. 1554)


Mari kita implementasikan. Putuskan rantai penyebarannya bersama. Sebagaimana Sayyidina Umar bin Khatab berkata, "Berpindah dari takdir satu ke takdir yang lain".



Penulis: Erreul Isyhadu S. P./AKMI
Editor: Muhammad Faishal R./AKMI

Sumber:

Arofi, Z. (2021). Optimis di Tengah Pandemi: Cara Rasulullah Menyelesaikan Masalah Pandemi. Community Empowerment, 6(1): 91-98

Cara Rasulullah Menyelesaikan Wabah Cara Rasulullah Menyelesaikan Wabah Reviewed by AKMI UNTIRTA on Juli 16, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Photo on Flickr

Diberdayakan oleh Blogger.