Lebanon berduka akibat ledakan hampir setara gempa

Lebanon berduka akibat ledakan hampir setara gempa

Malam tadi, tepatnya Selasa (04/08) terjadi dua kali ledakan yang amat dahsyat hampir seperti gempa di ibu kota Lebanon,Beirut dan membuat syok warga Lebanon.

Dikutip dari BBC.com ledakan tersebut menyebabkan paling tidak 78 orang meninggal dan lebih dari 4000 lainnya luka luka. Dan mungkin korban bisa bertambah banyak karena proses evakuasi masih sedang dilakukan dan dengan perlindungan dari tentara. Juru bicara kementerian luar negeri RI, Teuku Faizasyah, mengatakan ada satu orang warga negara Indonesia yang luka namun kondisi sudah stabil.

“Ada satu WNI yang mengalami luka luka (inisial NNE). Staf KBRI sudah berkomunikasi melalui video call dengan yang bersangkutan. Kondisinya stabil, bisa bicara dan berjalan. Yang bersangkutan sudah diobati oleh dokter rumah sakit dan sudah kembali ke apartemennya di Beirut,” kata Faizasyah.

Sumber Foto : cnnindonesia.com

Dikutip dari kompas.com Kediaman resmi presiden Lebanon itu menurut media pemerintah Lebanon turut terdampak besarnya ledakan. Ledakan itu menghancurkan jendela lorong, pintu masuk dan salon, kantor berita Lebanon melaporkan, Selasa.

”Pintu dan jendela di beberapa sayap istana terlepas. Tidak ada yang terluka," NNA juga melaporkan.
Selain itu, ledakan yang mengguncang Beirut pada Selasa sore terasa di pulau tetangga Siprus, sekitar 240 kilometer jauhnya dari Lebanon, menurut European-Mediterranean Seismological Center (EMSC).
"Kami menerima sejumlah laporan dari Siprus yang tampaknya terkait dengan ledakan ini, melaporkan kebisingan dan jendela berderak," tulis EMSC melalui Twitter.

Perdana Menteri Hassan Diab mengatakan adanya 2.750 ton amonium nitrat - bahan untuk pupuk dan peledak - disimpan di gudang "tidak dapat diterima."

"Saya tidak akan diam sampai kita menemukan orang yang bertanggung jawab atas apa yang terjadi, sehingga kita dapat meminta pertanggung jawaban dan menerapkan hukuman paling berat," kata perdana menteri dalam akun Twitter resminya.

"Ada 2.750 amonium nitrat disimpan di gudang selama enam tahun, tanpa adanya langkah pengamanan sehingga membahayakan keselamatan warga."

Wartawan BBC di Beirut, Sunniva Rose mengatakan seluruh kota tampak menghitam. "Mengendarai menyusuri Beirut menjelang malam, benar-benar berantakan. Jalan-jalan penuh dengan kaca, sulit untuk ambulans lewat, banyak batu-batu, bongkahan semen, rumah-rumah ambruk," kata Rose.

Dikutip dari liputan6.com Rekaman yang diposting di media sosial menunjukkan sebuah bangunan bertingkat tinggi meledak, mengirimkan gelombang kejut yang luas di seluruh kota. Terdengar dan terasa sejauh Siprus - lebih dari 200 km (180 mil) jauhnya. Gambar yang beredar juga menunjukkan adegan kehancuran, menunjukkan mobil-mobil terbalik dan kru darurat berkumpul di sekitar gedung yang hancur.

Marilah teman teman kita saling mendoakan saudara saudara kita karena musibah tidak pernah ada yang menginginkannya. Namun, musibah sejatinya diberikan oleh Allah kepada umat manusia untuk membuat manusia lebih baik dari sebelumnya apabila mereka sabar.

Seperti dalam Q.S Al Baqarah ayat 155-157, yang artinya :

“Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar, (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka berkata "Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un" (sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali). Mereka itulah yang memperoleh ampunan dan rahmat dari Tuhannya, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.”

Kita sebagai saudara mereka sudah seharusnya peduli dengan mereka dengan seminimal mungkin mendoakan mereka semoga mereka dapat sabar dalam menghadapi musibah ini dan keluarga yang ditinggalkan oleh anggota keluarganya semoga diberikan ketabahan dan keikhlasan aamiin. Semoga Lebanon cepat pulih kembali.

Penulis : Eka PW/AKMI

Editor : Rafif/AKMI

Sumber :

https://www.kompas.com/tren/read/2020/08/05/040538865/50-orang-tewas-akibat-ledakan-di-beirut-lebanon-guncangan-terasa-hingga

https://www.bbc.com/indonesia/dunia-53657975

https://m.liputan6.com/amp/4322691/ledakan-di-beirut-lebanon-seperti-bom-nuklir-kerusakan-bak-zona-perang#aoh=15965878207465&csi=1&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&amp_tf=Dari%20%251%24s
Lebanon berduka akibat ledakan hampir setara gempa Lebanon berduka akibat ledakan hampir setara gempa Reviewed by AKMI Untirta on Agustus 05, 2020 Rating: 5

1 komentar:

  1. Harrah's Resort Atlantic City - Mapyro
    Harrah's Resort Atlantic City is a hotel in 상주 출장마사지 Atlantic City, New 세종특별자치 출장샵 Jersey, United States and is open daily 24 hours. The 아산 출장샵 casino is connected to 통영 출장안마 Harrah's 양산 출장안마

    BalasHapus

Photo on Flickr

Diberdayakan oleh Blogger.