Ramadhan Di Kampus, Aksi Nyata Mahasiswa Untirta Semarakkan Ramadhan

Serang – Sejumlah mahasiswa Muslim di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Unitirta) menyelenggarakan kegiatan Ramadhan di Kampus (RDK). Kegiatan ini di ketuai oleh Saniman, Mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI).

RDK telah ada sejak Ramadhan sebelumnya yang kemudian menjadi agenda tahunan Mahasiswa Untirta. RDK juga merupakan bentuk kepedulian serta aksi nyata mahasiswa untuk menyambut dan memeriahkan bulan suci Ramadhan di tahun ini.

Di Ramadhan tahun ini, RDK mengusung tema “Meraih Indahnya Ramadhan Penuh Makna di Kampus Peradaban Untirta”. Harapannya adalah agar mahasiswa mampu menumbuhkan rasa kepedulian terhadap sesama Muslim, khususnya antar mahasiswa di kampus Untirta, umumnya kepada masyarakat di sekitar kota serang.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Dewan Kemakmuran Masjid Syeikh Nawawi Al-Bantani Untirta. Untuk membentuk panitia pelaksananya sendiri dilakukan melalui open recrutiment kepada mahasiswa yang dilakukan sejak 2 bulan sebelum Ramadhan.

Rangkaian kegiatannya sendiri dilaksanakan sejak sebelum Ramadhan hingga berakhirnya bulan Ramadhan, di mana kegiatannya berpusat di Masjid Syeikh Nawawi Al-Bantani Untirta. Kegiatan pra Ramadhan terdiri atas Kajian Fiqih seputar Ramadhan sebagai opening Kegiatan RDK dan Tarhib Ramadhan. Keduanya telah dilaksanakan pada Kamis (2/5) dan Jum’at (3/5) kemarin. Adapun acara inti dari kegiatan RDK adalah pada bulan Ramadhan.

“Seperti pada tahun sebelumnya yaitu menyediakan takjil gratis setiap hari khususnya di Masjid Syeikh Nawawi Al-Bantani Untirta, Shalat Tarawih berjamaah, ada juga sahur on the road, dan berbagai acara lainnya yang ditutup dengan santunan kepada anak yatim” Ujar Saniman selaku ketua pelaksana RDK.

Saniman juga mengingatkan bahwa di bulan suci Ramadhan ini segala amal kebaikan akan dilipat gandakan, oleh karena itu panitia menjembatani masyarakat Muslim untuk berlomba-lomba dalam kebaikan.

Tak hanya sekedar nama saja, RDK mendapat respons positif dari mahasiswa Untirta yang tidak tergabung dalam kepanitiaan.

“Sangat bermanfaat, selain sebagai ajang bernilai ibadah kegiatannya pun dapat memperkuat keimanan dan ukhuwah juga”, tutur seorang mahasiswa dari jurusan pendidikan matematika.

Seorang mahasiswa dari jurusan Ekonomi Syariah juga memberikan respons positif. “Menurut Ica bagus runtutuan acara yang berkesinambungan yaitu buka puasa bersama, santunan anak yatim dan shalat tarawih berjamaah”, Ujar Anisa.

Edv
Ramadhan Di Kampus, Aksi Nyata Mahasiswa Untirta Semarakkan Ramadhan Ramadhan Di Kampus, Aksi Nyata Mahasiswa Untirta Semarakkan Ramadhan Reviewed by AKMI Untirta on Mei 07, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Photo on Flickr

Diberdayakan oleh Blogger.