Keutamaan dan Manfaat Doa sebagai Ibadah

Doa merupakan unsur yang paling esensial dalam ibadah. Nabi Muhammad Saw. bersabda: “Tidak ada sesuatu yang lebih mulia di sisi Allah SWT. dibandingkan Doa”. (H.R. Ahmad, Bukhori, Tirmidzi dan Nasai). Sebab sebagaimana diriwayatkan oleh Tirmidzi dari Anas R.A., menurut Nabi Muhammad Saw. Doa adalah ibadah karena:

  1. Doa merupakan salah satu mematuhi perintah Allah SWT., Hal ini terdapat dalam firman-Nya Q.S. Gafir:60, Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina"
  2. Doa merupakan cermin menghambakan diri kepada Allah SWT.
  3. Doa merupakan pengakuan, bahwa hanya Allah SWT. Yang Maha Berkuasa dan Maha Berkehendak, sehingga hanya Dia-lah yang dapat mengabulkan dan mewujudkan segala keinginan kita.

Ada beberapa keutamaan dan manfaat yang kita peroleh dengan berdoa, berikut ulasannya.

  1. Allah menyertai hamba-Nya yang berdoa. Rasulullah Saw. bersabda, “Sesungguhnya Allah berfirman: ‘Aku selalu dalam persangkaan hamba-Ku kepada-Ku, dan Aku selalu bersamanya ketika ia berdoa kepada-Ku’.” (H.R. Bukhori Muslim dari Abu Hurairah R.A.)
  2. Doa adalah senjata orang mukmin. Rasulullah Saw. bersabda, “Doa adalah senjata orang mukmin, dan tiang agama, serta cahaya langit dan bumi”. (H.R. Hakim dari Ali bin Abi Tholib R.A.)
  3. Doa mendatangkan keselamatan. Nabi Muhammad Saw. bersabda, “Janganlah engkau merasa lemah untuk berdoa, sebab sesungguhnya tidak seorang pun yang binasa selama ia tetap berdoa”. (H.R. Ibnu Hiban dan Hakim dari Anas R.A.)
  4. Doa menolak bencana, dan menolak tipu daya musuh. Rasulullah Saw. bersabda, “ Doa berguna terhadap apa saja yang telah menimpa seseorang, dan hal-hal yang belum turun kepadanya. Sesungguhnya bencana pasti akan turun, dan akan ditemui oleh doa. Lalu keduanya selalu bersaingan sampai hari kiamat”. (H.R. Bazaar dan Thobroni dari Aisyah R.A.). Artinya, bencana senantiasa mengintai manusi, dan semua itu hanya dapat ditolak dengan doa.

Memanjatkan doa kepada Allah SWT., pertanda beriman kepada-Nya. Itulah sebabnya doa dikatakan sebagai tiang agama. Doa yang dipanjatkan oleh orang-orang beriman tersebut, jika diawali atau diakhiri dengan bacaan shalawat, akan dibawa naik oleh para malaikat. Maka tidak salah jika doa itu diibaratkan cahaya langit dan bumi.

Keutamaan dan Manfaat Doa sebagai Ibadah Keutamaan dan Manfaat Doa sebagai Ibadah Reviewed by AKMI Untirta on Mei 05, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Photo on Flickr

Diberdayakan oleh Blogger.