Tips Mengatasi Ngantuk Saat Belajar

Assalamu'alaykum Sobat Salam.

Pernah gak sih mengalami rasa kantuk tak tertahan, apalagi ketika belajar dikelas. Terkadang tidak bisa menahan godaan sampai-sampai tertidur dikelas. Kantuk merupakan salah satu efek yang ditimbulkan saat kelelahan dan kurang tidur. Manusia harus mengistirahatkan tubuh minimal 6 jam sehari . kantuk ditandai dengan menguap. Namun terkadang meskipun sudah istirahat dengan cukup rasa kantuk kerapkali datang. Dan ini jelas mengganggu aktivitas kita sehari-hari dikampus. Terlebih lagi dalam perkuliahan kita dituntut untuk selalu fokus agar materi kuliah terserap dengan baik. Nah  berikut ini ada tips untuk mengatasinya.


1. Mangambil air wudhu 


Ketika rasa ngantuk mulai datang, langsung bangun langkahkan kaki ke kamar mandi lalu ambil air wudhu. Karena InsyaAllah berwudhu akan membuat wajah lebih bersih dan fresh. Tentunya bisa mengurangi rasa kantuk.

2. Minum air putih yang cukup 

Setiap harinya tubuh membutuhkan asupan cairan yang cukup, minimal delapan gelas air putih sehari. Air tersebut sangat penting fungsinya bagi tubuh.  Air putih juga dapat meningkatkan konsentrasi. jadi minumlah air putih yang cukup agar tetap fokus.

3. Makan Permen

Ketika kita makan permen memungkinkan rasa kantuk akan hilang, terutama permen
berasa asam, akan membuat mata langsung melek

4. Beranjaklah Sejenak

Rasa kantuk timbul bisa disebabkan oleh pandangan yang monoton. Lebih baik beranjaklah sebentar dari tempat dudukmu. Berjalan-jalanlah, hal ini akan bisa mengalihkan rasa jenuh, serta mereganagkan otot-otot yang kaku akibat terlalu lama duduk.

Penulis: Ulfa,Alma

Tips Mengatasi Ngantuk Saat Belajar Tips Mengatasi Ngantuk Saat Belajar Reviewed by AKMI Untirta on April 23, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Photo on Flickr

Diberdayakan oleh Blogger.